Jumat, 09 September 2011

The Queen of the Night

Assalamualaikum...

Mumpung bunga wijaya kusuma di rumah yang tadi malem mekar belum pada rontok.. rasanya belum terlambat buat nulis tentang bunga yang konon punya
banyak mitos ini...

The Queen of the Night in my backyard
Tahukah gak tentang arti nama bunga Wijaya Kusuma?

Wijaya adalah kemenangan, kusuma adalah kembang atau bunga. Jadi arti Wijaya Kusuma adalah kembang/bunga kemenangan.

When blooming, the flower looks very beautiful. Unfortunately it only blooms at night. That was just a little while. The next morning, he seemed to wilt. That interest Wijayakusuma.

Gimana awalnya bunga ini nyampe ke rumahquwh??? Yuuuph.. dapet bibit dari Semarang dari rumah mbak lies kakakquwh tercinta.. =)) bibit langsung dibawa dari Semarang dan ditanam langsung oleh sang ahli... My daddy dan dirawat langsung oleh sang maestro... mommy... hehe!!

Kira2 itu umur wijaya kusuma di halaman belakang sekitar 3taun-an... mulai dari daun... dulu sering banget sirik sama bunga wijaya kusuma punya mbak lies karena bunga punya mbak lies udah gueeddeee... dan sering berbunga... gak sedikit pula bunganya... tapiii Alhamdulillah... setelah 3 taun akhirnya mama, bapak, & aq punya 2 pot bunga wijaya kusuma ini... Yipppy!!! Bunga yang konon katanya punya banyak ceritaaa... Yuuksss kita ulas bareng2...

Wijayakusuma atau hongte biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Asalnya dari hutan tropis dari Amerika Selatan, dan sekarang sudah menyebar luas sampai ke Asia Tenggara. Konon, yang dapat menyaksikan proses mekarnya bunga di tengah malam maka rezekinya akan datang lebih lancar.

MISTERIUS??
Yang menarik bunga Wijaya Kusuma hanya akan mekar di saat tengah malam saja dan hanya untuk beberapa saat, namun keesokan paginya bunga sudah layu kembali. Tidak semua tanaman Wijaya Kusuma mudah berbunga, semuanya tergantung pada iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaannya.

KHASIAT WIJAYA KUSUMA
Kandungan kimia pada tanaman wijaya kusuma mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses. Sayangnya komposisi kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini belum ada penelitian.

OBAT LUKA. Bahan, 1 helai daun wijayakusuma, Cara membuat: ditumbuk halus, Cara menggunakan: dioleskan pada luka, kemudian dibalut perban.

BATUK DAN DAHAK BERDARAH. Rebus bunga wijayakusuma segar (3-5 kuntum), dengan tiga gelas air sampai tarsisa satu gelas. Tambahkan gula aren (15g). Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

PERDARAHAN RAHIM. Bersihkan bunga wijakusuma segar (2-3 kuntum) dan daging tanpa lemak (50g), lalu potong - potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu tim. Setelah dingin, minum airnya. Isinya dimakan. Lakukan sehari dua kali, masing-masing separuhnya.

SESAK NAPAS. Cuci bunga wijayakusuma segar (3-5 kuntum), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula batu dan air sampai permukaannya terendam seluruhnya, lalu tim. Setelah dingin, saring dan minum airnya seharidua kali, masing-masing separuhnya.


(Rizky Tristiana dari berbagai sumber)

Photographer & Editor: Rizky Tristiana
@ my backyard

Not allowed to copy & paste photo without permission.
Copyright of ATKRT.corp.

1 komentar:

  1. bisa tanya, bibitnya itu dapatnya dari mana ya, soalnya aku butuh, kalau boleh aku mau beli di semarang, boleh minta alamat kakakny nggak?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...